Kamis, 04 Februari 2016

PRIBADI YANG BERTANGGUNG JAWAB

 tangguungjawab
Hello guys, pada kali ini saya akan memberikan tips – tips untuk menjadi orang yang bertanggung jawab. Sebelum kita membahas tentang tips untuk bertanggung jawab, tahukah kalian apa itu bertanggung jawab? dan apakah kalian seorang yang sering menyalahkan orang lain dan sering lari dari tanggung jawab yang diberikan?
Tanggung jawab menurut kamus umum Bahasa Indonesia adalah, keadaan wajib menanggung segala sesuatunya.
Sehingga, bertanggung jawab menurut kamus Bahasa Indonesia adalah berkewajiban menanggung, memikul jawab,mananggung segala sesuatunya, atau memberikan jawab dan menanggung akibatnya. 
Tanggung jawab adalah kesadaran manusia akan tingkah laku atau perbuatan yang disengaja maupun yang tidak di sengaja. Tanggung jawab juga berarti berbuat sebagai perwujudan kesadaran akan kewajibannya.
Tanggung jawab pribadi itu meliputi 5 (lima) hal, yaitu:
  • Tanggung jawab terhadap pikiran. Pikiran kita haruslah bersih dari pikiran-pikiran jahat, pikiran yang jorok, dll.
  • Tanggung jawab terhadap perkataan. Kita tidak boleh berkata kotor, jorok, menghina, dll. Perkataan kita harus yang membangun.
  • Tanggung jawab terhadap tindakan. Perbuatan dan tingkah laku kita harus yang benar: membuang sampah pada tempatnya, tidak mengganggu teman, dll.
  • Tanggung jawab terhadap sikap. Perkataan yang kotor karena hati kita tidak bersih. Kita harus mengasihi teman.
  • Tanggung jawab terhadap motivasi. Kita melakukan sesuatu untuk menyenangkan Tuhan dan bukan mencari keuntungan diri sendiri
beberapa langkah bagaimana memulai menjadi pribadi yang bertanggung jawab.
1.      Mulailah berpikir rasional
Kenapa harus dimulai dengan berpikir rasional, karena tanpa berpikir rasional anda akan terus terjebak pada pola pikir yang salah. Berpikir rasional adalah cara berpikir yang menggunakan nalar  atas dasar data yang ada untuk mencari kebenaran faktual kegunaan dan derajat  kepentingannya. Kalau anda mau berpikir rasional, tentu anda akan bisa menerima kenyataan yang ada, tanpa anda harus menyalahkan orang lain. Dengan berpikir rasional anda juga bisa mengevaluasi apa yang salah dalam tindakan anda dan mengetahui dampak negatif dari apa yang telah anda lakukan, dengan begitu anda akan lebih mudah untuk belajar menjadi manusia yang bertanggung jawab.
2.      Jujur dengan diri sendiri
Jujur dengan diri sendiri itu perlu, karena sering kali orang mengalami kesulitan untuk jujur dengan tindakan yang dilakukan. Banyak juga di antara mereka sebenarnya tahu bahwa yang mereka lakukan salah, tapi mereka tetap sulit jujur dengan diri sendiri. Jika hal ini dibiarkan jelas anda akan kesulitan menjadi pribadi yang bertanggung jawab, karena syarat menjadi pribadi yang bertanggung jawab adalah jujur dengan diri sendiri. Kalau memang anda gagal, terima kegagalan sebagai buah dari kesalahan yang kita lakukan. Hentikan menyalahkan orang lain dan menutupi kelemahan. Jujurlah bahwa anda memang memiliki banyak kekurangan. Jadi menjadi pribadi bertanggung jawab akan mudah dicapai jika anda mau jujur dengan diri sendiri.
3.      Buatlah target perubahan anda
Untuk memulai sebuah perubahan sebaiknya anda membuat target perubahan tersebut. Hal ini perlu dilakukan supaya bisa mengukur sampai di mana perubahan yang dilakukan. Bagaimana membuat jarget perubahan yang baik? Membuat target perubahan tidak harus muluk-muluk, buatlah target dari yang paling sederhana baru setelah itu anda melangkah pada target selanjutnya. Artinya anda harus membuat target secara bertahap, karena untuk mencapai keberhasilan menjadi pribadi yang penuh tanggung jawab harus di mulai step by step.
4.      Yakinlah anda bisa melakukannya
Langkah terakhir adalah keyakinan. Yakinkan diri anda bahwa anda bisa berubah. Banyak orang sering merasa ragu saat memulai sebuah perubahan. Keraguan itu umumnya di timbulkan oleh bayang-bayang kegagalan, kalau orang jawa bilang wedi ayang-ayang. Keyakinan ini juga akan memupuk motivasi dan tekad anda menjadi lebih kuat, yang akan mendorong diri anda untuk melakukan apa yang sudah anda targetkan.
Keempat hal di atas hanyalah langkah untuk memulai, artinya masih banyak hal-hal yang bisa anda lakukan untuk meningkatkan dan memupuk tanggung jawab itu supaya tetap kuat dan melekat dalam hidup anda.

Apabila kita telah melakukan tips-tips diatas, kita akan mendapatkan keuntungan dalam hidup kita. Apa aja itu?
Manfaat dari karakter tanggung jawab, akan menguatkan dan memotivasi kita untuk lebih bertanggung jawab. Selain itu, kita akan mendapatkan :
  1. Pujian. Orang yang dapat melaksanakan tanggung jawabnya patut mendapatkan pujian. Orang yang bertanggung jawab membuktikan bahwa dirinya adalah orang yang dapat menguasai diri dan waktu.
  2. Kepercayaan. Orang yang bertanggung jawab adalah orang dapat dipercaya karena ia telah membuktikan dengan menyelesaikan pekerjaannya.
  3. Keuntungan. Orang yang bertanggung jawab selain mendapatkan pujian dan kepercayaan maka kepadanya akan diberikan kepercayaan lagi. Hal ini merupakan satu keuntungan bagi dirinya untuk dapat mengembangkan kompetensinya.
Jadi, kalian masih mau untuk lari dari tanggung jawab? Tunggu apa lagi ayo mari kita bertanggung jawab dan menjadi teladan bagi semua orang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar